RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)

Tingkat pendidikan :
Kelas/Semester : VI/I
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Tahun Pelajaran : ……………………………….
Alokasi Waktu : 4 X 35 (2 X Pertemuan)

I. Standar Kompetensi
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda.

II. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.

III. Indikator
1.1.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda-benda yang bersifat Konduktor atau Isolator.
1.1.2 Menggolongkan benda yang bersifat sebagai Konduktor dan Isolator.
1.2.2 membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat Konduktor dan Isolator
1.2.1 Menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan kemampuan menghantarkan panas.

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan perbedaan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
2. Mengetahui macam-macam bahan dan benda konduktor maupun Isolator
3. Mengetahui alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi Pembelajaran
• Benda Konduktor dan Isolator
• Konduktor dan Isolator panas dalam kehidupan

C. Metode Pembelajaran
Diskusi, Observasi, Praktik

D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN I :alokasi Waktu 35 X jam Pelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan secara Fisik dan Psikis
 Emengucapkan salam pembuka jika jam pertama, dimohon salah satu siswa menyiapkan teman-temannya untuk diajak berdo’a bersama
 Guru menjelaskan presensi siswa.
2. Appersepsi
 Siswa dan Guru bertanya jawab tentang jenis-jenis benda yang termasuk Konduktor dan Isolator.

B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi :
a. Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / secara luas.
 diminta untuk menjelaskan tentang jenis-jenis benda yang termasuk Konduktor dan Isolator.
b. Menggunakan berbagai pendekatan, media, dan sumber lain.
 Siswa diminta mengamati tentang jenis-jenis benda yang termasuk Konduktor dan Isolator.
 Siswa diminta memberi pendapat tentang hasil pengamatannya.
c. Memfasilitasi interaksi anatar siswa, dengan guru, dan sumber lain.
 Siswa dibuat kelompok anatara 5-6 anak untuk melakukan percobaan.
 Setiap kelompok melakukan pengamatan
 Siswa yang belum melakukan percobaan/kegiatan disuruh mengamati dan mencatat dari hasil pengamatan tersebut
2. Elaborasi :
a. Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam
 Guru menyuruh siswa mempelajari materi tntang jenis-jenis benda yang termasuk Konduktor dan isolator.
 Siswa mengamati gambar-gambar tentang jenis-jenis benda yang termasuk konduktor dan isolator
b. Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
 Siswa diberi tugas untuk mengamati tentang jenis-jenis benda yang termasuk konduktor dan isolator
c. Memberi kesempatan berfikir menganalisis, menyelesaikan masalah
 Siswa diminta untuk menganalisis pengamatann yang dilakukan bersama kelompoknya, lalu dengan lembar pengamatan guru mengamati keaktifan siswa dalam kerja kelompok
d. Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
 Siswa diminta untuk bekerjasama dalam mengambil suatru kesimpulan dari hasil pengamatan.
3. Konfirmasi
a. Memberikan umpan balik dalam bentyuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
 Guru memberi ucapan selamat kepada kelompok yang berani tampil pertama kali mempresentasikan hasil kerjanya dan memberi motivasi agar kelompok lain yang belum tampil pertama kali berlomba. Untuk tampil pertama.
b. Memberi konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa.
 Guru menegaskan bahwa mengenai tentang jenis-jenis benda termasuk Konduktor dan Isolator.
 Guru dan siswa bersama-sama menegaskan mengoreksi hasil kerjanya, agar siswa mengetahui jawaban yang benar.
c. Memfaslitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan.
 Guru memberi pertanyaan kepada siswa, mengapa kelompok…… hasilnya baik …… hasilnya kurang baik lalu siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan penyebabnya, sehingga kelompok yang hasilnya kurang baik dapat meniru strategi kelompok yang lebih berhasil.
d. Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum di pahami
C. Kegiatan Penutup
a. Bersama-sama siswa membuat rangkuman :
 Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman.
b. Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten / terprogram
 Siswa mengerjakan soal evaluasi
c. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
 Guru menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, apakah hasil atau tidak dan menentukan langkah-langkah yang dapat memperbaiki hasil pembelajaran
d. Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, pengayaan, konseling, memberi tugas individu/sesuai hasil berlajar siswa

udah dulu yah mau istirahat dulu
uyeee uyeeeeee

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • tanggal pira

    Oktober 2010
    S S R K J S M
        Nov »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Klik tertinggi

    • Tak ada